Cara Mengetahui WA Disadap Serta Solusi Mengatasinya

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap

Seperti banyak aplikasi online lainnya saat ini, WhatsApp (WA) melakukan yang terbaik untuk menjaga privasi data penggunanya dengan memberikan sistem keamanan berlapis. Mulai dari login dalam satu waktu dan otentikasi dua faktor.

Namun bagimanapun canggihnya sebuah sistem keamanan, apabila sudah terhubung ke internet maka biasanya akan ada celah yang dapat dimanfaatkan oleh orang lain untuk mengambil keuntungan dari hal itu.

Agar tidak menimbulkan kerugian maka perlu bertindak cepat apabila merasa akun WhatsApp kamu digunakan oleh orang lain.

Tentunya ini juga menjadi tanggung jawab moral saya karena sebelumnya telah menulis artikel bagaimana cara sadap WA seseorang. Agar berimbang maka dalam artikel kali ini saya merasa perlu membahas cara mengetahui WhatsApp disadap.

Hal ini tentu untuk mencegah timbulnya kerugian dari orang lain yang disadap.

Bagaimana Cara Kerja WhatsApp?

Untuk mengetahui WhatsApp disadap atau tidaknya oleh orang lain maka kamu perlu terlebih dahulu memahami bagaimana cara kerja WhatsApp.

Dengan mengetahui bagaimana cara kerjanya maka nantinya kamu akan tahu dimana letak kerentanan aplikasi ini yang paling sering dimanfaatkan untuk menyadap WhatsApp.

Saat ini WhatsApp menyediakan dua cara untuk mengakses akun WhatsApp:

  1. Melalui browser seperti google chrome atau fire fox
  2. Melalui aplikasi, Android dan iOS.

Saya menganggap kamu sudah tahu mengakses WhatsApp dari aplikasi jadi kamu bisa coba langsung akses WhatsApp melalui browser di PC atau laptopmu.

Buka aplikasi WhatsApp di ponsel kamu lalu pilih icon garis tiga pada pojok kanan menu aplikasi.

Pilih WhatsApp Web. Hal itu akan membuat kamera diponsel kamu otomatis terbuka.

Pada tahap ini kamu akan diarahkan oleh WhatsApp untuk memindai kode QR WhatsApp Web.

Buka WhatsApp Web melalui browser di PC atau laptopmu untuk memindai kode QR. Pastikan untuk mencentang “Keep me sign in” seperti pada gambar berikut ini.

WhatsApp Web

Jika sukses maka akun WhatsApp kamu akan terbuka pada browser.

Dari sini sebenarnya kita sudah bisa menarik kesimpulan bahwa salah satu kerentanan pada sistem keamanan WhatsApp adalah adanya WhatsApp versi web ini.

Walaupun hal ini membutuhkan akses terhadap perangkat korban namun tidak menutup kemungkinan penyadapan dapat dilakukan karena pelaku penyadapan biasanya melibatkan orang terdekat korban.

Oke, tanpa basa basi lagi saatnya mengetahui apakah akun WhatsApp kamu telah disadap dan bagaimana solusi mengatasinya.

WhatsApp aplikasi obrolan yang sangat mudah untuk digunakan. Namun jika ada seseorang menyadap akunmu, kamu tidak akan pernah tahu sebelum ada interaksi dari orang tersebut di dalam akunmu.

Bisa jadi orang yang sedang menyadap akunmu hanya ingin memantau aktivitas obrolanmu di WhatsApp. Hal ini biasa terjadi pada pasangan kekasih yang ingin tahu jujur tidaknya pasangan mereka.

Terlepas dari apa niat dari orang menyadap akunmu, ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencari tahu apakah WA kamu disadap atau tidak.

1. Cek Aktivitas Akun WhatsApp

Aktivitas Akun WhatsApp

Pertamakali yang perlu kamu lakukan untuk mengetahui WhastApp disadap adalah memeriksa aktivitas akunmu.

Mulailah mencari hal yang tidak biasa pada akun WhatsApp kamu ditempat ini:

Obrolan WhatsApp

Perhatikan aktivitas yang tidak biasa pada obrolanmu di WhatsApp. Bisa jadi ada obrolan-obrolan tertentu yang tidak pernah kamu lakukan sebelumnya.

Disamping itu, orang yang menyadap akun WhatsApp juga terkadang membuka pesan baru masuk pada obrolan yang belum pernah kamu buka sebelumnya.

Jika menemukan aktivitas seperti ini itu berarti akun WhatsApp kamu bisa jadi telah disadap oleh orang lain.

Informasi Profil

Apabila ada orang yang ingin mengambil alih akun WhatsApp kamu, biasanya mereka mulai dengan mengubah informasi kontak akunmu.

Buka aplikasi WhatsApp, klik icon titik tiga pada pojok kanan lalu klik pengaturan.

Setelan WhatsApp

Jika sudah masuk ke dalam pengaturan, klik profil akun WhatsApp pada bagian atas.

Cek Profil WhatsApp

Tinjau apakah informasi pada akun WhatsApp kamu sudah sesuai dengan apa yang pernah kamu buat sebelumnya. Jika ada yang berubah, bisa jadi ada orang lain yang ingin mengambil alih akunmu.

Apabila itu terjadi, segera amankan akun WhatsApp kamu.

Pemberitahuan dari WhatsApp

Selalu cek pemberitahuan dari WhatsApp juga menjadi salah satu hal penting untuk mengetahui akun WhatsApp telah diambil alih atau tidak.

Karena setiap perubahan yang terjadi pada informasi kontak WhatsApp maka akan ada pemberitahuan dari sistem keamanan WhatsApp. Bisa jadi orang yang mengambil alih akun WhatsApp belum menghapus pesan dari sistem tersebut.

Buka obrolan di WhatsApp kamu lalu gunakan fitur pencarian dibagian atas, masukkan kata kunci “whatsapp”. Apa yang kamu cari dengan kata kunci tersebut adalah pemberitahuan tentang perubahan dari akun WhatsApp.

Pemberitahuan dari WhatsApp

Apabila ada pemberitahuan seperti pada gambar diatas pastikan itu merupakan permintaan yang kamu lakukan. Namun jika merasa tidak pernah melakukan perubahan tersebut, bisa jadi ada orang yang ingin mengambil alih akun WhatsApp kamu.

2. Cek Daftar Teman di WhatsApp

Cara berikutnya untuk mengetahui WhatsApp telah disadap atau diambil alih oleh orang lain adalah dengan memeriksa daftar pertemanan di WhatsApp.

Tinjau kontak dengan membuka aplikasi WhatsApp lalu klik icon obrolan pada sudut kanan bawah.

Pada bagian atas halaman kontak kamu akan menemukan total jumlah kontak di WhatsApp. Gulir ke bawah untuk memastikan bahwa kontak tersebut merupakan orang-orang yang kamu kenali.

Kontak WhatsApp

Salah satu fitur keren dari WhatsApp adalah aplikasi ini dapat mendeteksi secara otomatis kontak dari ponsel yang sementara digunakan apabila kontak tersebut juga menggunakan WhatsApp.

Jika ada orang lain yang menggunakan akunmu diponselnya maka akan ada kontak baru yang pastinya tidak kamu kenal.

3. Cek WhatsApp Versi Web

Pada awal artikel ini saya sudah memberi tutorial singkat bagaimana cara menggunakan WhatsApp Web. Jika saat ini ada yang menyadap akun WhatsApp kamu dengan cara menggunakan WhatsApp Web maka bisa dipastikan akan ketahuan karena tercatat pada sistem.

Ini juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengetahui WhatsApp kamu disadap atau tidak.

Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel, klik icon tiga dipojok kanan atas lalu pilih “WhasApp Web” seperti pada gambar berikut ini.

WhatsApp Web

Jika ada yang menggunakan akunmu login WhatsApp Web maka akan terlihat sesi aktif pada status perangkat kamu.

Status Perangkat

Apabila kamu merasa tidak pernah menggunakan WhatsApp Web berarti ada seseorang yang sedang menyadap akunmu dan login menggunakan WhatsApp Web.

Klik masing-masing sesi yang sedang aktif lalu pilih “Keluar” untuk mengusir penyusup di akun WhatsApp kamu.

Keluar dari WhatsApp Web

Ini juga merupakan cara satu satunya melihat aktivitas login pada akun WhatsApp kamu.

Cara Mengatasi WhatsApp Disadap

Setelah tahu ada orang yang sedang menyadap atau ingin mengambil alih akun WhatsApp kamu, ambil tindakan cepat untuk mengamankan akunmu dengan memperbarui WhatsApp ke versi terbaru dan aktifkan otentikasi dua faktor pada aplikasi WhatsApp.

Tidak seperti pada aplikasi lain yang biasa menggunakan password untuk sistem kemanan tambahan, WhatsApp menggunakan otentifikasi dua faktor. Jika sisem keamanan tambahan ini diaktifkan maka siapapun yang mencoba login ke akun WhatsApp kamu harus memasukkan kode verifikasi.

Untuk mengaktifkan fitur keamanan tambahan ini, buka aplikasi WhatsApp dari ponselmu lalu klik icon tiga titik dipojok kanan atas pada halaman utama. Selanjutnya pilih pengaturan lalu akun.

Pilih verifikasi dua langkah lalu aktifkan. Selanjutnya bikin kode PIN untuk WhatsApp kamu.

Setelah otentifikasi dua faktor ini diaktifkan maka setiap kali akan login ke aplikasi WhatsApp, kamu perlu memasukkan kode verifikasi yang sudah kamu buat.

Hal ini akan membuat WhatsApp kamu aman dan tidak perlu lagi merasa was-was akun WhatsApp disadap atau tidak.

Sekian artikel kali ini. Jika kamu punya cara lain untuk mengetahui akun WhatsApp disadap, silahkan berkomentar.

RELATED POSTS

About the Author: Dwiyanto Nugraha

SAYA adalah satu dari sekian banyak pecinta "Mie Siram" di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *